Lika Liku Road To Master Degree - Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Bebas Narkoba

Saturday, March 26, 2016

Haaiii !
Malam minggu mendingan ngeblog aja abisan ga ada yang ngapel #eh
Jadii ada lagi nih series Lika Liku yang baru yaituu :
Lika Liku Road To Master Degree !
Aheey keren yak namanya wkwkwk
Series ini akan berisi mengenai persiapan dalam rangka mengejar LOA dan mengejar beasiswa dalam hal ini konteksnya LPDP yah.
Khusus untuk post ini ifa akan bercerita tentang pengalaman membuat salah satu syarat apply LPDP yaitu : Surat Kesehatan Sehat & Surat Keterangan Bebas Narkoba.
Nah syarat tambahannya adalah karena tujuan S2nya luar negeri jadi harus ada keterangan bebas TBC juga yah.
Buatnya juga harus di Rumah Sakit pemerintah gitchu jadi gabisa dari yang macem kayak Siloam ato Hermina yaiyah ga mampu juga sih hahaha.
Kalo Ifa akhirnya memutuskan untuk buatnya di RSUD Budhi Asih secara ya cyin yang paling dekat sama rumah.

Berikut urutan kronologisnya yah :
1) Setelah sampai di RSUD Budhi Asih, perginya ke Gedung Lama yah karena Gedung Barunya hanya untuk BPJS. Karena gue kategori umum jadi gue ke gedung yang lama terus kasih tau security nya mau ke Poli MCU. Setelah dikasih nomor antrian terus ke Lt 2 untuk pendaftaran dan bayar biaya pendaftaran.

2) Jangan kaget yah lantai 2 itu supeeer penuhh apalagi gue kan datangnya siang sekitar jam 10 jadi mayan deh antrinya. Setelah kita ngantri di bagian pendaftaran terus bayar biaya pendaftaran sebesar Rp 15,000. Habis itu diarahkan sama kasirnya buat ke Lt 4 bagian Poli MCU.

3) Di Lt 4, kita akan ditanya mau buatnya surat apa saja terus isi data diri dan antri buat diperiksa sama dokter. Yang ditest standard sih macem tensi darah, tinggi dan berat badan. Anyway dokternya asyik gitu karena udah sering yang mau bikin surat buat LPDP jadi dia malah tanya mau apply kemana terus cerita keponakannya juga ada yang dapat LPDP jugaa. Setelah periksa dokter, kita akan dikasih list yang mau ditest dan kemudian turun lagi ke lt 2 untuk pembayaran.

4) Balik lagi ke Lt.2 terus karena total pembayarannya adalah Rp. 370,000. Ini sudah termasuk tes narkoba, tes TBC dan tes Thorax yah. Btw hasil dari gue blogwalking ini termasuk murah karena kalau di RSUD lain bisa mencapai 500ribuan lebih lho hehe.

5) Setelah bayar, kita akan dapat tanda bukti bayar per Poli. Jadi harus ke 3 poli yaitu Poli Rontgen di Lt 1 terus Poli Lab buat Tes Urine di Lt 2 dan Poli Paru buat Tes TBC di Lt 3. Kalau di Poli Lab & Poli Paru hanya di kasi tabung sampelnya untuk urine dan dahak yahh. Yang lama nunggu sih di Poli Rontgen.

6) Karena gue test di masing2 poli itu diatas jam 12 siang jadi hasilnya keluar 2 hari. Jadi habis udah submit semuanya pun gue pulangg.

7) Pas weekend, gue datang lagi untuk ambil hasil dari masing-masing poli lalu ke Lt.4 lagi untuk ambil suratnya.

Dan alhamdulillah untuk Narkoba dan TBC hasilnya negative hihihi ya kali deh faa masa ada yang positif.

Oiya ini beberapa tips aja buat yang mau bikin juga di RSUD Budhi Asih yah :
1) Datang pagiaan untuk menghindari antrian yang kelamaan
2) Jangan lupa sarapaan ! Karena kemarin gue sempat keliyengan, untung selalu siap sedia permen jadi pusing pun hilang #promosidikit
3) Jangan malu untuk nanya dan memastikan ! Secara yah boo ini kan banyak pasiennya yang dilayanin jadi penjelasannya biasanya ga terlalu detail jadi penting banget nanya supaya ga salah. Gue sempat lupa minta tanda bukti untuk ambil hasil soalnya.
4) Stay positive and keep smile ahaha ga nyambung tapi iya lho pentingg banget ini.

Semoga post ini bisa bermanfaat yaah :)
Lets prepare another things needed faa.

You Might Also Like

2 comments

  1. Hai, aku mau Tanya dong. Untuk surat keterangan bebas TBC itu sama dengan surat keterangan segat ga ya? Soalnya aku barusan bikin di RSUD Koja, terus minta surat keterangan bebas TBC malas digabung sama surat pemeriksaan kesehatan. Emang sih ada tulisannya bebas TB, tapi aku ragu takutnya emang kedua surat tersebut berbeda. Cuma suster dan dokternya kekeuh kalo itu sama aja.

    Mohon bantuan penjelasannya ya, soalnya aku takut salah hehe. Makasih! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Naviaa, sorry banget aku baru baca commentmu huhu. Jadi kebetulan aku kasusnya sama kok kayak kamu pas bikin di RSUD Budi Asih. Dan sama panitia LPDPnya diperbolehkan kok. Anyway rumah kamu di Koja ? Deket rumah mertuaku dong hehe :)

      Delete

Proud To Be Part Of

My Ultimate Support System

My Ultimate Support System

I'M PART OF

Blogger Perempuan